Senin, 29 Maret 2010

melacak jejak warisan Islam Nusantara

Menjadi bangsa yang besar memerlukan tanggungjawab yang besar pula dalam proses keseharian kita. banyak hal yang sebenarnya terjadi dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan beragama di Indonesia. perlu kita pahami bahwa jauh sebelum indonesia merdeka telah ada berbagai peristiwa menarik dan patut untuk kita wariskan kepada generasi selanjutnya sebagai salah satu tradisi leluhur kita. diantaranya adalah tradisi selametan, ziaroh kubur, bersih desa hingga tradisi menulis yang saat ini sudah mulai banyak digemari oleh banyak orang.

Indonesia yang dahulu kala dikenal sebagai Nusantara memiliki beragam kekayaan alam, tradisi dan kebudayaan serta keanekaragaman bentuk-bentuk hasil peradabannya. hal ini tercermin dalam lambang negara, yakni burung garuda. kita tahu dan sadar bahwa di dalam lambang negara tersebut tertulis kalimat bhinneka Tunggal Ika dengan maksud adalah bermacam-macam suku bangsa namun tetap satu jua, atau termaktub dalam sila ketiga yang berbunyi persatuan indonesia.

Dekade ini, kita sering menjumpai banyak kajian dan penelitian yang mencoba untuk mengungkap berbagai hasil peradaban leluhur bangsa yang tersebar di seluruh penjuru dunia. diantaranya adalah mengkaji benda-benda arkeologi, manuskrip hingga sampai pada pemikiran orisinil ulama-ulama nusantara. maka akan muncul berbagai kajian yang sesungguhnya mempunyai implikasi dan menjadi referensi sangat baik bagi dunia ilmu pengetahuan.

manuskrip misalnya, banyak orang belum mengenal betul apa itu manuskrip. manuskrip dapat kita artikan sebagai berikut. manuskrip berasal dari kata "manus" yang berarti "manusia" dan "skfipt" yang berarti "tulisan tangan". dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa manuskrip adalah tulisan tangan manusia. namun dengan kriteria tertulis pada media tertentu, seperti kertas. memiliki batas usia minimal 50 tahun. dan ditulis dengan menggunakan metode yang sangat sederhana, yaitu tulisan tangan manusia.

dengan demikian, kita sebagai generasi muda perlu mengerti dan memahami arti penting manuskrip sebagai sebuah warisan budaya bangsa. selanjutnya terdapat masjid sebagai seni arsitektur islam yang unik. demikian itu dapat kita lihat dalam berbagai jenis arsitektural masjid yang tersebar diseluruh penjuru Nusantara. didalamnya terdapat akulturasi budaya, antara Islam-budaya lokal-budaya asing sehingga menghasilkan sebuah seni arsitektural yang luar biasa.

beberapa fakta diatas mengingatkan kita untuk menjaga dan melestarikan berbagai hasil peradaban bangsa kita. mengapa demikian? karena didalamnya terdapat nilai-nilai luhur yang tida dapat kita duga sebelumnya. baik sebagai referensi maupun sebagai media pembelajaran bagi generasi-generasi selanjutnya.


wahib chasbullah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar